Kamis, 13 Februari 2014

Sweetest Escape - BALI "i will survive editionl"

Hallo, saya baru aja nyoba backpacker ke Bali. Yap, setelah saya searching di google dan baca blog2 sekian lama akhirnya sepupu saya ngajakin long holiday dengan cara "ngeteng" holiday semi backpacker. Hahaha.
Nah kebetulan saya baru pulang backpacker dari Bali dengan cara ngeteng tanggal 20 januari 2013 kemarin, saya berniat bagi-bagi pengalaman. Siapa tau ada yang mau backpackeran juga ke Bali. :)

Udah kaya anak gaul backpacer belum,bawaanya?
Kita berangkat dari Bandung, 23 januari 2013 naik kereta jurusan Yogyakarta Lempuyangan-Banyuwangi baru, dengan tarif Rp125.000 dan waktu tempuh sekitar 13 jam. Nah dari Stasiun Banyuwangi langsung aja jalan ke pelabuhan Ketapang. Gak jauh kok, cuma sekitar 100 meter. Beli tiket penyebrangan kapal Ketapang-Gilimanuk per orangnya sekarang Rp6500, ditambah iuran PMI Rp1000. Jadi sekitar Rp7500 rupiah deh.
kebayang gimana teposnya 2 hari duduk dikereta) tapi seru banget, dan dari total 7 hari holiday moment yang paling ngangenin itu moment pas dikereta, sedangan untuk pulang kita udah siapin tiket pesawat :)
Penyebrangan dengan kapal Ferri ini gak lama kok. Paling cuma 25 sampai 40 menit kok. Tapi kalau liat jam di HP kayak udah 2 jam. Karena kebanyakan HP sekarang udah bisa langsung update jam sendiri ke waktu WITA.

Sampai gilimanuk, jalan deh ke terminal. Deket kok, cuma 100 meter aja. Dari tempat pemeriksaan KTP di pelabuhan, udah banyak tuh yang nawarin bis ke denpasar. Tarif normalnya tuh Rp 30.000. Jadi kalau lebih dari itu, ya tawar aja. Dan jangan lupa pastikan itu bis sampe terminal Ubung, Denpasar waktu tempuhnya sekitar 3 jam.

Nah, sampe terminal ubung, tergantung tuh pada mau nginep dimana. Sebenernya banyak penginapan murah di sekitar Denpasar dan Kuta. Yang penting mau cari keluar masuk penginapan aja. sebenarnya pakde dan bude saya tinggal disana namun karena kita berempat kami akhirnya memutuskan untuk menyewa tempat penginapan biar jadi backpacker yang sesungguhnya muaahahaha :)

akhirnya saya dan yang lain nginep di Home Stay mahendra di Jalan legian. Tempatnya tuh deket banget dengan pusat kota, dan deket dengan pantai kuta. how's lucky us? Selain itu tempatnya keluarga banget. Cuma dengan ngluarin biaya Rp 200.000 per kamar kita udah dapet double bed, Toilet yang terawat,dan dapet fasilitas makan pagi juga. Keluarga yang ada di situ juga Ramah banget. Jangan di liat dari tampang fisiknya yang serem, hati mereka beneran baik. Hahaha :D
Trus buat transportasi di Bali terserah enaknya mau naik apa. Mobil disewakan dengan harga 230rb - 350rb per hari belum termaksud bensin. Kalau kemarin gue naik motor, sewanya 25rb per hari belum termaksud bensin.
Buat makan, asal kita gak banyak maunya, banyak kok rumah makan murah. Dan banyak penjaja nasi pinggir pantai yang harganya 10.000an per bungkus. kemarin kita ketempat makan nasi campur bali deket home stay, yang punya tempatnya welcome banget, mereka asli orang lombok dan kita dijamu layaknya turis, ramah banget dan murah!(re: edisi survive 7 hari) nah untuk liburan seru kita gak selalu harus dengan kata mahal kan Hehehe

Day 1:
Hari pertama dibali kita gak istirahat karena udah gatel banget pengen jalan-jalan akhirnya salah satu temen kita buka itinerary yang udah disiapin jauh-jauh hari dan saya salut banget karena gak kepikiran sama sekali buat bikin rencana buat bikin list tempat yang bakal kita datengin ternyata itu sangat ngebantu biar kita g bingung mau kemana dulu, karena 7 hari ini gak mau kita sia-siain cuma lewat beberapa tempat. pas sampe di penginapan kita langsung istirahat dan makan bentar langsung cus ke pantai kuta wihiiiiiiiiiiiiiiiii. yang pertama kita lakuin adalah take photo.
Puas berkeliling dan menyusuri pantai kuta kita lanjutkan perjalanan lagi sambil cari makan siang, kita mampir ke monumen peringatan bom bali II, ground zero di bangun di tempat yang dulunya adalah tempat terparah yang terkena bom di daerah legian, seluruh koban dari setiap negara yang terdeteksi tertulis namanya di monumen ini.

enna, obok, rani, syauki (travellers)
Day2:

Hari kedua kita ketempat yang paling terkenal  di bali. yeay! pura luhur tanah lot, kita kesana dianter sama pakde yus, Pakde yus itu kakanya ayah, setelah pensiun dari dokter hewan di kota palu, beliau memilih menghabiskan masa tuanya dengan istrinya di bali, sambil buka mini resto yang enak banget makanan nya, bener-bener deh GOD ALWAYS SAVE TRAVELLERS hihi, makan makanan enak dan mahal dengan gratis kali ini judulnya :p dan kebetulan lagi pakde ngajakin ke Pura luhur tanah lot karna sekalian mereka belum sempat mampir ke bali setelah 2 tahun stay di bali hhihi.

Pura Luhur Tanah lot (dengan object di depanya)

pura luhur tanah lot tanpa object di depanya *lebih indah :p

Day 3:

Nah ini yang paling seru kita bener-bener jadi travellers, perginya sengaja gak dianter mobil pakde lagi kali ini kita nyewa motor dengan tarif 25rb/ hari belum termasuk bensin tau gak kita sampe ke 4 tempat yang berbeda Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai padang-padang (tempat shootingnya film eat pray love), Pandawa Beach Dreamland, dan uluwatu (tempat yang bikin kita gak mau pulang karna sunsetnya juara banget)

Garuda Wisnu Kencana (GWK)
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali.

say cheers :D

Pantai Padang-Padang (Lokasi Film Eat, Pray, Love)

Pantai padang-padang ini terletak di jalan Labuan Sait, Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pengalaman disini cukup unik karena biasanya kita dapat menjumpai pantai langsung dari jalan, berbeda dengan pantai padang-padang. Letaknya yang agak menjorok dari jalan raya membuat saya perlu melewati tebing yang seperti goa untuk sampai ke tepi pantai. Tebing tersebut cukup kecil, hanya muat dilewati satu-dua orang sejajar sehingga ketika ada orang lain berjalan dari arah berlawanan, saya harus mendekat ke sisi tebing dan berdiri agak tegap supaya bisa memberi jalan.

Dreamland Beach

Pura Luhur Uluwatu

Pura uluwati adalah pura yang dibuat diatas batu karang yang sangat tinggi mancapai 70 m, pura uluwatu juga memiliki fungsi bagi umat hindu yaitu sebagai tempat pemujaan Dewa Rundra, umat hindu meyakini bahwa pura uluwatu merupakan sanggahan dari 9 mata angin dan disebut sebagai Pura sad Kahyangan. Pura uluwatu juga merupakan salah satu objek wisata pilihan bagi turis dalam maupun luar negeri , Disini kita bisa melihat sunset diatas hamparan laut dengan pemandangan yang luar biasa

sunset Uluwatu temple
Day 4:
BEGUGUL
a girl with her umberella

Day 5
Makan dan Oleh-oleh
Hari terakhir disini kita habisin dengan kuliner dan belanja biar gak cape, salah satu tempat yang wajib dicoba adalah nasi pedas ibu andika. Tempatnya mirip warung nasi biasa, tepatnya ada di depan joger. tapi rame banget. kata kak memey, kalo ke bali belum kesini ya sama aja boong :D *hore kita berhasil ke bali beneran

syurga di bali :)

pasar seni sukawati tempat beli oleh-oleh

Buat pulangnya sama. Kita bisa naik bis dari Ubung ke Gilimanuk waktu tempuh 3 sampai 4 jam Rp 30.000. Naik kapal penyebrangan tanpa iuran PMI Rp6500. Cuma kita ambil rute yang beda. karena keburu waktu yang mepet karena pada saat itu saya harus kerja  akhirnya kita jadi backpacker yang gagal. kita pulang dengan naik pesawat ke jakarta padahalnya kalo waktunya cukup kita bisa naik kereta lagi (dengan judul tepos sesi II) hahaha, melelahkan memang jika dibayangkan. Tapi kalau udah dijalani, sangat mengasyikan. Banyak hal baru, pengalaman baru yang bakal didapetin dibandingkan dengan hanya naik pesawat yang jarak tempuhnya cuma sekitar 2 jam dalam 1 kali perjalanan.
Mengenai transportasi dan akomodasi di Bali, itu sangat tergantung selera, gaya hidup, dan tujuan wisata kalian. Kalau akomodasi dan transportasi ala kita, yang kira-kira hanya menghabiskan Rp850.000 selama kita 6 hari 5 malam di Bali, akan saya share di postingan selanjutnya,